Kamis, 22 Mei 2008

Kegiatan Utama

Kegiatan-Kegiatan Pengembangan Masyarakat



Fasilitator Pengembangan Masyarakat
Menyediakan jasa fasilitator pengembangan masyarakat yang memiliki kemampuan dan ketrampilan memfasilitasi pelatihan partisipatif dengan menerapkan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa melalui metode yang interaktif dan partisipatif sehingga dapat mendorong suasana belajar yang efektif dan menyenangkan bagi peserta pelatihan.

Menyusun dan Mengembangkan Modul-Modul Pelatihan
Menyusun dan memberikan konsultasi pembuatan modul-modul pelatihan yang menarik, sistematis dan mudah dipahami. Tidak sekedar menyusun materi bacaan tetapi juga menyusun modul fasilitator yang akan membantu para fasilitator memfasilitasi pelatihan tanpa harus mengurangi daya kreasi dan improvisasi fasilitator.

Merancang Program Pelatihan
Bagi lembaga yang memiliki kesulitan dalam merancang pengembangan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan lembaga atau masyarakat (Jika NGO), kami menyediakan jasa konsultasi mulai dari Training Need Assessment sampai pada kurikulum pelatihan. Tujuan akhirnya adalah pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga senantiasa mendukung kapasaitas sumber daya manusia dalam melaksanakan program utama.

Evaluasi Partisipatif Program Pengembangan Masyarakat
Membantu para pelaksana dan mengelola program untuk dapat melihat aktivitas programnya secara holistic dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan agar dapat melihat kelemahan dan keberhasilan program dari berbagai perspektif. Holistik karena kerangka pikir yang digunakan adalah melihat semua komponen program yang saling mempengaruhi yaitu context, input, process dan product (CIPP). Di samping itu strategi evaluasi tidak bersifat interogratif tetapi reflektif sebagai bagian dari proses belajar untuk mengembangkan program yang lebih baik.

Tidak ada komentar: